Sabtu, 02 Maret 2013

Uskup Timika ajak umat doakan Paus Emeritus



Uskup Timika ajak umat doakan Paus Emeritus thumbnail

Pemimpin Gereja Katolik Keuskupan Timika Mgr John Philip Saklil  mengajak umat Katolik setempat mendoakan Paus Benediktus XVI yang telah mengundurkan diri dari jabatannya sejak Kamis (28/2).
Uskup Saklil, Jumat (1/3), mengatakan keputusan Paus Benediktus XVI mengundurkan diri merupakan keputusan bijaksana dengan pertimbangan matang.
Dalam kondisi kesehatan yang terus menurun, Paus Benediktus XVI memutuskan mengundurkan diri lantaran tidak bisa lagi menjalankan tugasnya secara maksimal sebagai seorang pemimpin Gereja.
“Saya mengajak umat untuk mendoakan Paus Benediktus XVI. Keputusan beliau memang di luar dari kebiasaan tapi ini adalah keputusan bijaksana untuk kepentingan banyak orang dan kepentingan gereja,” ujar Uskup Saklil, seperti dilansir Antara.
Uskup Saklil mengakui jika dalam beberapa tahun terakhir kondisi fisik Paus Benediktus XVI menurun sehingga sangat wajar jika Paus kelahiran Jerman itumemutuskan untuk mengundurkan diri.
“Beberapa tahun lalu saya bertemu dengan beliau, memang betul kondisi fisiknya sudah menurun jauh. Suaranya juga tidak lagi lantang. Jadi, pengunduran diri beliau biasa-biasa saja, bukan karena ada skandal danlain-lain,” tutur Uskup Saklil.
Uskup Saklil menambahkan, Paus Benediktus XVI yang dikenal memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam menegakkan ajaran-ajaran Gereja Katolik mengingatkan kepada gereja dan paus-paus berikutnya agar mengambil keputusan yang sama jika fungsi otoritasnya tidak lagi berjalan maksimal lantaran sudah memasuki usia senja.
“Kita juga mendoakan agar gereja secepatnya mendapatkan Paus baru yang bisa menjalankan tugas gerejawi menghadapi arus perubahan zaman dan masyarakat dunia yang heterogen,” harap Uskup Saklil.
Paus Benediktus XVI pada Kamis (28/2) sebelum pukul 17.00 waktu setempat atau tepat tengah malam WIB meninggalkan istana kepausan menuju ke istana peristirahatan paus di Castel Gandolfo, sebelah selatan kota Roma.
Tepat pukul 20.00, Paus Benediktus XVI secara resmi melepaskan jabatannya sebagai Paus dan menjadi Paus pertama dalam tempo 600 tahun yang mengundurkan diri. (1 Maret 2013)
Poskan Komentar