Sabtu, 16 Maret 2013

PERTIKAIAN ANTARA DUA SUKU DAMAL DAN KEY DI TIMIKA-PAPUA SEJAK 16 MARET 2013


Dua Kelompok Bertikai di Timika, 2 Tewas
Sabtu, 16 Maret 2013 
Ilustrasi konflik antarkelompok di Papua [google]Ilustrasi konflik antarkelompok di Papua [google]

[JAYAPURA]  Dua warga ditemukan meninggal pagi ini, Sabtu (16/3) disekitar wilayah  tempat dulang Mile 32 dan 34  tepatnya di Areal PT Freeport Indonesia, Mimika Papua. Data yang diperoleh SP, Sabtu pagi  seorang warga sudah diketahui bernama  Rizal ditemukan di Mile 32 dengan luka terkena panah , dan tempat camp pendulang dibakar.

Hal ini mengakibatkan para pendulung mengungsi diangkut dengan diangkut bus. Kabid  Humas Polda Papua, Kombes Pol I Gede Sumerta Jaya, saat dikonfirmasi SP, Sabtu pagi  via telepon tidak menjawabnya.  

Data yang diperoleh SP, ini berawal dari pertikaian  terjadi antara  dua suku, Jumat (15/3) pagi, di tempat dulang liar  tepat di Mile 34  tepatnya di Areal PT. Freepot Indonesia, Kabupaten  Mimika. Dimana  terjadi aksi penganiayaan terhadap masyakat Suku Damal oleh masyarakat Suku Key, yang berujung terjadinya pertikaian antara kedua belah suku di Mile 34. 

Dari kronologis yang diperoleh SP, dua warga dari suku Damal dan  Kwanki menuju ke kali untuk melihat jerat yang sudah dipasang di Mile 34. Namun tiba-tiba datang 30 orang  datang  dan menuduh kedua warga ini telah melakukan pencurian di tenda milik orang masyakat Suku Key. 

Keduanya membela diri dan mengaku  datang hanya untuk melihat jerat.Tak percaya dengan pernyataan dua orang tersebut, warga Suku Key langsung menganiyaya dua warga tersebut. Namun seorang warga bernama  Tekau Mom dapat meloloskan diri, sedangkan  Jemy Mom tertangkap. 

Sekitar pukul 13.00 WIT masyarakat dari Kwamki Lama degan membawa peralatan kampak, parang, panah. Sekitar pukul 15.30 WIT di areal Kwamki Lama ditemukan 1 org meninggal dunia  dengan mengalami luka penganiayaan.Luka potong di bagian leher hingga kepala belakang. Luka potong kaki kiri dan kanan dan siku kanan nyaris putus, Juga luka panah di bagian badan belakang atas pinggul . 

Pukul 18.20 WIT jenazah korban meninggal dunia dievakuasi dengan menggunakan mobil ambulance ke RSUD Timika guna otopsi.  Dari kejadian ini  2 orang  yang meninggal, 2 orang  mengalami luka-luka Sedangkan  Tekau Mom mengalami luka sobek di pundak sebelah kanan dan pipi kanan akibat terkena parang. 

Sedangkan Jemy Mom sudah ditemukan dalam keaadan hidup tapi  jari kelingkinnya putus Ibu Veni Sara pegawai Pengadilan Negeri Mimika, membenarkan adanya pertikaian tersbut.“Saya juga mendengar sudah ada yang meninggal,”ujarnya. (Sumber SP)
Poskan Komentar