Jumat, 20 Februari 2015

PAUS FRANSISKUS DESAK UMAT BERIMAN LINDUNGI LINGKUNGAN

Paus desak umat beriman lindungi lingkungan

11/02/2015

Menjelang proses penyelesaian ensikliknya tentang lingkungan bulan depan, Paus Fransiskus mengatakan dalam Misa harian di Vatikan pada Senin bahwa orang Kristen yang gagal untuk menjaga alam berarti ia tidak peduli dengan ciptaan  Allah.
“Seorang Kristen yang tidak melindungi ciptaan, yang tidak memungkinkan ciptaan tersebut  bertumbuh-kembang, adalah seorang Kristen yang tidak peduli terhadap ciptaan Allah yang lahir dari kasih-Nya untuk kita,” kata Bapa Suci.
Seruan  tersebut didasarkan pada bacaan pertama hari itu dari Kejadian 1, 1-19, membandingkan ciptaan Tuhan tentang alam semesta dengan “penciptaan kembali” oleh Yesus yang “telah dirusak oleh dosa”.
Paus Fransiskus mengumumkan kepada para wartawan dalam perjalanan bulan lalu ke Filipina bahwa ia berencana mengeluarkan ensikliknya tentang hubungan manusia dengan ciptaan dan akan rampung pada Maret.
Februari tahun lalu, Vatikan telah mengumumkan rencana Bapa Suci untuk menulis tentang tema “ekologi” – sebuah tema yang sebelumnya ditulis oleh Paus Emeritus Benediktus XVI.
Pernyataan itu diungkapkan Juru Bicara Vatikan Pastor Federico Lombardi SJ pada saat itu, dengan menjelaskan tidak hanya umat beriman  menghormati lingkungan, tetapi juga bagaimana mempertahankan dan melestarikan ciptaan Allah.
Ensiklik pertama Paus Fransiskus, yang berjudul “Lumen Fidei,” atau “Terang Iman,” telah dirilis tahun 2013. Ensiklik ini ditulis oleh Paus Fransiskus yang telah dimulai oleh pendahulunya, Paus Benediktus XVI, yang mengundurkan diri sebelum dokumen itu selesai.
Selama kotbahnya pada Senin, Paus mengutib bacaan Injil hari itu dari Markus 6, 53-56, merenungkan peristiwa Yesus menyembuhkan orang sakit.
Penyembuhan ini menandai “penciptaan kedua” kata Paus, yang “bahkan lebih indah daripada yang pertama”.
Tetapi, “penciptaan kedua” yang lebih penting, Paus Fransiskus mengatakan bahwa Tuhan telah memberikan umat “tanggung jawab” untuk memelihara ciptaan  ”pertama”  - dengan membantu ciptaan itu “bertumbuh sesuai dengan hukum-hukumnya”.
Paus Fransiskus menjelaskan bahwa Bapa, Putra dan Roh Kudus semuanya terlibat “dalam penciptaan kembali.” Sebagai tanggapan, “kita ikut  menjaga dan memelihara ciptaan.”
Poskan Komentar